Selasa, 11 Oktober 2011

observasi warnet

MAKALAH OBSERVASI WARNET
















Nama Kelompok :

1. Achmad Wildan (32109350)

2. Dwi Reza Bunindro (30109330)

3. Tyrta Pratama (32109876)


I. Pendahuluan

Di Jaman Komputerisasi dan Tekhnologi ini, banyak segala aktifitas kita telah di bantu oleh ragam macam tekhnologi.

Baik berupa tekhnologi mesin, atau pun berupa chip. Yang sering kita jumpai di sekarang ini pada umumnya adalah tekhnologi yang berupa Chip, atau biasa disebut dengan Komputer.

Banyak hal positif yang dapat kita ambil dari Teknologi Komputer ini. Banyak pula hal negatif yang bedampak pada kehidupan kita.

Beberapa Hal Positif yang dapat kita dapatkan dari Teknologi Komputer ini antara lain adalah Kemudahan berkomunikasi jarak jauh dengan menggunakan media Internet. Kemudahan kita untuk bertransaksi berbagai macam hal, Pesan, Gambar, Suara, atau bahkan Sebuah Video yang kita Rekam dari Media Perekam.

Internet Sudah tidak sulit untuk kita jumpai saat ini. Bahkan Internet-pun sudah menjadi kawan kita sehari – hari.

Penggunaan yang sudah mudah, mengikat keseharian kita untuk terus menggunakanya.

Ditambah lagi, dengan Perusahaan yang menawarkan ISP atau Internet Service Provider, agar kita dapat menggunakan Internet di Komputer atau Laptop kita.

Namun biaya ISP itu sendiri masih tergolong sangat mahal. Hal ini menimbulkan banyak usahawan kecil mendirikan sebuah Warnet. Atau kepanjangan dari ( Warung Internet ).

Dan yang menjadi Objektif dari Observasi Kelompok kami adalah Warnet.

II. Observasi

Nama Warnet : Warnet Wonder

Waktu observasi : Senin, 10 Okt 2011

Tempat : Ciganjur, Jakarta Selatan

Waktu : 16.30 WIB

Warnet Wonder adalah Warnet yang telah didirikan pada pertengahan tahun 2008. Alasan kami memilih Warnet Wonder sebab salah satu operatornya adalah teman kami, dan lokasi warnet itu sendiri tidak jauh dari Kampus, sehingga kelompok kami memilih warnet tersebut agar mempersingkat kinerja kelompok kami.

Warnet wonder terletak di jalan Moh. Kahfi II Jln. Warung Sila no 48 Jakarta Selatan didirikan oleh Seorang Wiraswasta bernama Yudha Adi. Tempat nya pun strategis terletak di pinggir jalan raya sehingga selalu ramai oleh pengunjung, ditambah lagi dengan letak nya yang dekat dengan sebuah kampus.

Warnet tersebut dapat dikatakan nyaman, sebab terdapat area parkir yang tergolong luas, serta ada pengawasan dari satpam atau security dari Warnet itu sendiri.

Warnet Wonder, tergolong sebagai warnet besar, sebab memiliki berbagai fasilitas yang memadahi.

Fasilitas di warnet tersebut antaralain:

- Total Unit Komputer: 42 PC.

+ 25 PC untuk Game online.

+ 15 PC untuk Browsing

+ 2 PC untuk Operator

- 5 Buah AC

- 1 kamar mandi

- 40 monitor LCD Samsung

- 40 CPU Simbada

- 40 keyboard komic

- 40 mouse

- 40 sound Simbada

- 2 printer

- 1 scanner

Disana disediakan berbagai pilihan Softdrink dan Snack makanan ringan, sebagai Snack yang di Jual untuk memanjakan client yang datang.

Selain Softdrink dan Snack Makanan Ringan, Juga di jual voucher game online, Dan memiliki kantin, alhasil warnet tersebut ramai oleh banyak pengunjung karena buka nya 24jam.

Warnet wonder menggunakan Palapa Provider, yaitu melalui jaringan wifi. Jika cuaca sedang hujan sering terjadi gangguan koneksi. Setiap 3 bulan sekali warnet wonder sering mengadakan tournament game online, seperti: Pointblank, Atlantica, Ragnarok, Gunbone, DOTA, dll.

DESIGN JARINGAN DAN PENEMPATAN KOMPUTER

Berikut ini adalah gambar dari design jaringan dan penempatan komputer baik clien maupun server serta perangkat-perangkat jaringan komputernya.

http://4.bp.blogspot.com/_l-FS8_K9yWM/SkVVi3E5r8I/AAAAAAAAAJ0/kztn7tsreGY/s320/jaringan+warnet.JPG

Gambar diatas, merupakan jaringan tapologi, yang menghubungkan koneksi dari sebuah modem, ke PC Client, maupun Operator.

Warnet Wonder sendiri memberikan penawaran sebagai berikut:

· Pengetikan

· Internet

· Game online

· Printing

Untuk biaya sewa yang diberikan cukup terjangkau, yaitu Rp. 3.000/Jam

Untuk mereka yang memiliki kantong yang lebih ekonomis, terdapat juga pilihan beberapa paket hemat, diantaranya:

1. Paket Pagi ( 08.00 s/d 12.00 ) = Rp. 8.000

2. Paket Malam (22.00 s/d 07.00 ) = Rp. 10.000

3. Paket 5 Jam = Rp. 10.000

4. Paket 3 Jam = Rp. 7.000

5. Paket 2 Jam = Rp. 5.000

Warnet ini memiliki 2 Operator, dengan Shift yang berbeda. Pada Shift pertama dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore, dan operator kedua dari jam 5 sore sampai 7 pagi.

Biaya yang harus di keluarkan warnet wonder meliputi:

-Biaya listrik : 2.500.000

-Biaya gaji : 700.000

-Biaya Tambahan : 300.000

III. Kesimpulan

Dari hasil observasi yang kami lakukan, dengan topik Warnet, atau Warung Internet, dapat kita simpulkan.

Bahwa, Warnet merupakan sebuah sarana yang memudahkan kita untuk mendapatkan berbagai informasi.

Serta, dapat dijadikan sebuah lapangan perkerjaan. Yang tentu juga merupakan sarana pencari nafkah untuk para wirausahawan.

Sabtu, 01 Oktober 2011

siklus keuangan secara umum


tugas SIA

siklus penggajian dan SDM
Aktivitas Siklus Penggajian
• Apakah aktivitas-aktivitas dasar yang dilakukan dalam siklus penggajian ?
1. Perbarui File Induk Penggajian
2. Perbarui Tarif dan Pemotongan pajak
3. Validasi Data Waktu dan Kehadiran
4. Mempersiapkan Penggajian
5. Membayar Gaji
6. Hitung Kompensasi dan Pajak yang Dibayar Perusahaan
7. Keluarkan Pajak Penghasilan dan Potonagn Lain-Lain
Perbarui File Induk Penggajian (Aktivitas 1)
• Aktivitas pertama dalam siklus manajemen sumber daya manusia / penggajian melibatkan pembaruan file induk penggajian untuk mencerminkan berbagai jenis perubahan penggajian seperti: mempekerjakan orang baru, pemberhentian, perubahan tingkat gaji, atau perubahan dalam pengurangan diskresi.
• Merupakan hal yang penting untuk diperhatikan bahwa semua perubahan penggajian dimaksudkan tepat pada waktunya dan secara tepat ditampilkan dalam periode pembayaran berikutnya.
Perbarui Tarif dan Pemotongan pajak (Aktivitas 2)
• Aktivitas kedua dalam siklus manajemen sumber daya manusia / penggajian adalah memperbarui informasi mengenai tarif dan pemotongan pajak lainnya.
• Perubahan tersebut terjadi ketika bagian penggajian menerima pembaruan mengenai perubahan dalam tarif pajak dan pemotongan gaji lainnya dari berbagai unit pemerintah dan perusahaan asuransi.
Validasi Data Waktu dan Kehadiran (Aktivitas 3)
• Aktivitas ketiga dalam siklus penggajian adalah memvalidasi data waktu dan kehadiran pegawai.
• Informasi ini datang dalam berbagai bentuk, bergantung pada status pembayaran pegawai.
Mempersiapkan Penggajian (Aktivitas 4)

• Aktivitas keempat dalam siklus penggajian adalah mempersiapkan penggajian.
• Data mengenai jam kerja diberikan dari departemen tempat pegawai bekerja..
• Informasi tingkat gaji didapat dari file induk penggajian.
• Orang yang bertanggunjawab membuat cek pembayaran tidak dapat membuat rekord baru ke file ini.
Membayar Gaji (Aktivitas 5)
• Aktivitas kelima adalah pembayaran yang sesungguhnya atas cek gaji ke pegawai.
• Sebagian besar pegawai dibayar dengan menggunakan cek atau dengan penyimpanan langsung gaji bersih ke rekening bank pribadi mereka.
Hitung Kompensasi dan Pajak yang Dibayar Perusahaan (Aktivitas 6)
• Perusahaan membayar beberapa pajak penghasilan dan kompensasi pegawai secara langsung
• Hukum federal dan negara bagian juga mensyaratkan perusahaan untuk memberikan kontribusi dalam persentase tertentu ke setiap gaji kotor pegawai, hhingga ke batas maksimum tahunan, untuk dana asuransi kompensasi pengangguran federal dan negara bagian.
• Perusahaan sering kali memberikan kontribusi atau menanggung keseluruhan pembayaran premi asuransi kesehatan, cacat, dan jiwa untuk para pegawai.
Keluarkan Pajak Penghasilan dan Potonagn Lain-Lain (Aktivitas 7)
• Aktivitas terakhir dalam proses penggajian membayar kewajiban pajak penghasilan dan potongan sukarela lainnya dari setiap pegawai.
• Organisasi harus secara periodik membuat cek atau menggunakan transfer dana secara elektronis untuk membayar berbagai kewajiban pajak yang terjadi.

sumber dari: http://vhivie89.blogspot.com/2010/05/siklus-penggajian-dan-sdm.html